PTPN XI Minta Penyelesaian Sengketa Lahan Nogosari Lewat Jalur Hukum

0 Komentar

PT Perkebunan Nusantara XI mem- berikan keterangan terkait adanya puluhan warga yang mendatangi kantor di Spada Desa Nogosari, Kamis (6/ 10) siang kemarin. Menurut Manager Tanaman PG Semboro PTPN XI, Gampil Dwi Susanto, warga tersebut menanyakan kejelasaan status hukum atas kepemilikan dan pengelolaan Tanah Spada Nogosari, Kecamataan Rambipuji, seluas 372 Hektar.

Sebelumnya, kata Gampil, pihak PTPN XI telah mengklarifikasi tanah Spada Nogosari, menyusul adanya klaim yang disampaikan sejumlah masyarakat dalam peringatan Hari Tani 2016, yang digelar di depan Kantor Pemkab Jember beberapa waktu lalu. “Kalau berdasarkan sejarahnya untuk Tanah Spada Nogosari awalnya dimiliki  oleh pihak Belanda, selanjutnya dinasionalisasi pada tahun 1958 oleh Pemerintah Indonesia dan diserahkan kepada PTPN XXV dengan HGU (Hak Guna Usaha ) No 1 tahun 1997 dengan luasan 372 Ha yang masa berlakunya habis tahun 2007,” jelasnya kemarin. Namun menurut Gampil, pada tahun 2006 PTPN XXIV melebur menjadi PTPN XI dan selanjutnya HGU atas tanah Spada Nogosari itu diperpanjang kembali pada tahun 2009 dan masa berlakunya hingga 1 Desember 2032 mendatang. “Dengan legalitas hukum atas HGU yang kami miliki atas tanah Spada Nogosari seluas 372 Ha itu, bukanlah bagian obyek Landreform. Selain itu pengelolaan atas tanah tersebut murni dikuasai oleh pihak PTPN XI hingga berakhirnya HGU tahun 2032 nanti yang telah diterbitkan oleh BPN,” ungkapnya.

Meski demikiaan, pihak PTPN XI, kata Gampil tetap menjalankan kewajiban terhadap dan turut serta membantu mensejahterakaan keberadaan masyarakat sekitar dengan merekrut tenaga kerja maupun untuk pemberiaan CSR. “Namun sejak tahun 2007 hingga 2015 kemarin, kami juga telah menyalurkan CSR yang kami berikan melalui pihak Desa untuk pembangunan dan kegiataan sosial masyarakat, seperti pembangunan infrastruktur jalan, masjid ataupun bantuaan untuk pondok pesantren dengan total keseluruhan anggaran yang telah kami keluarkan mencapai 1.2 Milyar,” terang Gampil. Memang diakui leh Gampil bahwa persoalaan tanah Spada Nogosari pernah muncul tahun 2001 silam, namun persoalaan itu telah selsai setelah dilakukan upaya mediasi antara pihak PTPN dan warga dan telah ada kesepakataan bersama. Pihaknya mengaku sangat menyesalkan  jika persoalaan itu dimunculkan kembali oleh kelompok-kelompok tidak bertanggung jawab sebagai upaya provokasi kepada masyarakat  sehingga memicu adanya konflik sosial dan menganggu jalannya roda Pemerintahaan di Kabupaten Jember.

“Kami sangat sadar ada oknum-oknum yang ingin membuat keruh keadaan, oleh karenanya kedepan kami akan lebih intensifkan komunikasi sekaligus mempererat hubungan dengan masyarakat agar tidak ada lagi oknum ataupun kelompok yang sengaja menunggangi kepentingan mereka dengan mengatasnamakan masyarakat Nogosari,” tandasnya. Hal yang berbeda disampaikan Koordinator aksi, Muazim kepada sejumlah media menjelaskan juga bahwa tanah Spada Nogosari adalah tanah Landreform, yang mana hal itu ditunjukan dengan berbagai persyaratan yang ada. “Ya seperti tanah tersebut masih muncul nama perorangan di Petok D Desa Nogosari. Itu berarti lahan tersbeut milik perorangan bukan milik negara,” kata Muazim.

Diungkapkan juga bahwa kedatangannya bersama warga tersbeut adalah untuk menanyakan kejelasan status lahan tersebut, yang sudah lama sejal tahun 2000 tidak jelas statusnya. “Sebenarnya mana bisa, pihak BPN mengeluarkan Surat HGU padahal lahan tersbeut masih dalam sengketa,” ujar Muazim. Apalagi, sesuai dengan Program Presiden Jokowi yang mereformasi agraria, dan sengketa Nogosari ini masuk dalam salah satu di Indonesia yang haris di reformasi. “Ini sudah sesuai dengan program reformasi agraria, lahan sengketa Nogosari masuk dalam Tanah Obyek Reformasi Agraria (TORA), kok pihak PTPN XI mengatakan itu tidak masuk,” pungkasnya. (afu)




100 Komentar


  • ...
    Administrator info@mascitra.com 1 jam yang lalu

    Tulisan komentar disini

  • ...
    Administrator info@mascitra.com 1 jam yang lalu

    Tulisan komentar disini

  • ...
    Administrator info@mascitra.com 1 jam yang lalu

    Tulisan komentar disini

  • ...
    Administrator info@mascitra.com 1 jam yang lalu

    Tulisan komentar disini

  • ...
    Administrator info@mascitra.com 1 jam yang lalu

    Tulisan komentar disini

Foto

+

MEMOTIMUR


Copyright @ 2017 Memo Timur Powered by mascitra.com | Konsultan IT, All right reserved · Redaksi · Pedoman Media Siber · Info Iklan · Privacy Policy · Disclaimer