HIPMI Jember Ikut Kenalkan Destinasi Wisata Cerutu BIN

0 Komentar
HIPMI saat mengikuti kunjungan Sesdilu ke BIN Jubung. (afu)

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIMPI) Jember, sangat mendukung dengan mengenalkan destinasi wisata yang ada di KabupatenJember ini. Ketua HIPMI Jember, Agusta Jaka Purwana sangat berharap selain ikut mengenalkan destinasi wisata, pihaknya juga akan meminta kepada Pemerintah Daerah untuk dapatnya mendorong produk usaha kecil menengah bisa masuk toko modern. “Kami akan selalu ikut mempromosikan destinasi wisata Jember kepada jaringan HIPMI didalam atau di luar negeri. Namun kami juga sangat mendukung produk-produk lokal dapat diprioritaskan bisa masuk di toko modern,” kata Agusta kepada sejumlah media, kemarin. Menurut Agusta, langkah tersebut perlu ditempuh sebagai upaya menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Sebab, dengan cara itu produk lokal khas Jember yang diproduksi UKM lokal dapat lebih terakomodasi dalam toko modern, maka secara otomatis destinasi wisata akan ikut terangkat dan terkenal dengan sendirinya. “Kecintaan terhadap produk lokal juga diharapkan bisa lebih tumbuh, dibanding produkproduk asing. Dan kali ini kami ikut partisipasi mengenalkan kepada peserta Sesdilu Kemenlu yang melihat potensi wisata Jember,” kata dia. Ia mengatakan pemanfaatan toko modern sebagai sarana alternatif untuk memasarkan produk lokal perlu dilakukan, karena jumlah toko modern di Jember terus bertambah dan tidak dapat dibendung. Oleh sebab itu, perlu ada upaya kerja sama antara toko modern dengan UKM untuk memasarkan barang daganga- nnya. “Akses pasar UKM lokal perlu ditingkatkan, karena mereka memiliki kontribusi besar dalam pembangunan perekonomian Jember,” tambah dia.

Menurut Sekretaris HIPMI, Daniel, upaya itu dapatnya terealisasi apabila sudah ada Peraturan Daerah (Perda) yang mengaturnya yang disesuaikan dengan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 68 Tahun 2012 mengenai waralaba dapat diterapkan secara konsisten. Selama ini, menurut Daniel, banyak toko modern yang telah diizinkan beroperasi di seluruh kabupaten Jember tidak memprioritaskan menjual produk lokal yang ada di khas Jembernya. “Memang banyak produk lokal yang tidak diprioritaskan untuk dijual di toko modern,” bebernya.

Di sisi lain, menurut dia, keberadaan pasar tradisional sebagai sarana pemasaran utama produk lokal juga harus terus dijaga eksistensinya, agar tidak kalah bersaing dengan tokotoko modern yang berani menjual harga lebih murah dibanding harga di pasar tradisional. “Pertumbuhan toko modern sendiri juga perlu dikontrol, agar tidak menghambat per- tumbuhan pasar tradisional. Kali ini kami juga perkenalkan beberapa sample produk lokal kepada peserta Sesdilu Kemenlu, agar mereka mengetahui produk-produk lokal di Jember itu ternyata banyak sekali,” ujar Daniel. Diretur Operasional Boss Image Nusantara (BIN), Imam Wahid Wahyudi kepada media mengatakan jika pihaknya sangat terbantu dengan teman-teman HIPMI yang aktif dalam mempromosikan destinasi wisata Jember, salah satunya BIN cerutu ini. “Kami sangat senang atas partisipasi teman-teman HIPMI dalam memperkenalkan BIN ini. Semoga dengan ikut sertanya HIPMI dalam mempromosikan destinasi wisata Jember maka akan bertambah banyaknya wisatawan lokal dan mancanegara datang berkunjung ke Jember ini,” kata Imam. Yang sebelumnya, kata Imam, untuk berkunjung ke BIN ini gratis tanpa ada biaya, sekarang ini sudah dibuat peraturan untuk destinasi wisata harus bertarif. Untuk masyarakat umum dikenakan tarif Rp 25 ribu sedangakn untuk pelajar atau mahasiswa Rp 20 ribu per orangnya. (afu)




100 Komentar


  • ...
    Administrator info@mascitra.com 1 jam yang lalu

    Tulisan komentar disini

  • ...
    Administrator info@mascitra.com 1 jam yang lalu

    Tulisan komentar disini

  • ...
    Administrator info@mascitra.com 1 jam yang lalu

    Tulisan komentar disini

  • ...
    Administrator info@mascitra.com 1 jam yang lalu

    Tulisan komentar disini

  • ...
    Administrator info@mascitra.com 1 jam yang lalu

    Tulisan komentar disini

Foto

+

MEMOTIMUR


Copyright @ 2017 Memo Timur Powered by mascitra.com | Konsultan IT, All right reserved · Redaksi · Pedoman Media Siber · Info Iklan · Privacy Policy · Disclaimer